Siswa SMAN 3 Kota Jambi (Joel Jordan Anzamar Sibarani dan Jonathan Enrico) dalam Pameran Hasil Penelitian di Ajang OPSI Nasional 9-14 Oktober 2017

Pameran Hasil Penelitian OPSI Tingkat Nasional 2017
Kampus UMM, Malang, 9-14 Oktober 2017

Stand no 21

Joel Jordan Anzamar Sibarani dan Jonathan Enrico
SMAN 3 Kota Jambi
Peraih medali Perunggu OPSI 2017


 Lokasi Pameran OPSI 2017 di Universitas  Muhammadiyah Malang (UMM)

Pameran hasil penelitian dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Oktober 2017 di Dome UMM Kota Malang setelah sehari sebelumnya (Selasa, 14 Oktober 2017) saya dan 173 peserta lainnya memasang poster dan merapikan meja stand.  Saat itu saya mendapatkan no stand 21 (menurut saya no ini cantik karena akhirnya membawa keberuntungan bagi saya yaitu meraih juara ke 3= 2+1 yaitu medali perunggu hee).  Yah semuanya sudah diatur oleh Tuhan.  Give thanks my Lord.


Stand no 21:  siap dikunjungi dewan juri dan pengunjung lainnya 

    Stand no 21:  siap dikunjungi dewan juri dan pengunjung lainnya                                     
    Stand no 21:  siap dikunjungi dewan juri dan pengunjung lainnya  

    Stand no 21:  siap dikunjungi dewan juri dan pengunjung lainnya  

Persiapan Pameran

Kostum yang dikenakan saat pameran adalah pakaian adat Provinsi Jambi. Pihak sekolah membantu menyiapkan pakaian tersebut lewat Pak Peri Oktiarmi guru kami (terima kasih Paaakk).  Pakaian berwarna pink dan kemerahan terlihat baguss dipadukan hiasan ikat kepala pria khas Indonesia yang disebut lacak.   Baru kali ini saya mengenakan pakaian adat dan saya sangat senang heee.

Kebutuhan untuk stand pameran terdiri dari 4 lembar poster berukuran 120 cm x 60 cm yang saya bawa dari kota Jambi bersama perlengkapan pameran seperti pin, kartu nama, brosur penelitian, buku tamu, taplak meja, vas bunga, tissue, aksesoris khas Provinsi Jambi, dan tentu berbagai variasi tepung hasil penelitian kami bersama produk pempeknya.  Tak lupa buah Bruguiera ghymnoriza dan Rhizopora mucronata juga saya bawa dari Jambi setelah sebelumnya mengurus surat karantina di balai karantina kota Jambi untuk mencegah penyitaan barang saat di bandara.  Oya kami juga harus membawa paku payung, perakatan ATK, palu kayu yang cukup membuat saya berdebar saat pemeriksaan di bandara (kuatir disita petugas bandara haaa).


Bersama Pak Peri Oktiarmi Guru Pembimbing 

Kunjungan juri

Kunjungan juri

Bersama para peserta pameran OPSI 2017 (seruuuu)

Pengalaman sangat berkesan yang tak akan saya lupakan, kegiatan pameran OPSI 2017 di Kota Malang ini.  Menjawab pertanyaan dewan juri dan pengunjung adalah hal-hal menyenangkan yang mengasah keyterampilan komunikasi saya.  Namun ada hal yang membuat saya sedih sebab saat itu jumlah pengunjung tidak banyak.  Pameran terkesan sepi di semua stand. Faktor-faktor penyebabnya mungkin karena jarak yang cukup jauh dari kota Malang sehingga pengunjung enggan mendatanginya. Apalagi siswa-siswi sekolah belum semuanya pulang karena pameran berlangsung mulai dari jam 13.00 hingga 16.00 WIB.  Pukul 16.00 WIB kami semua sudah harus membongkar stand masing-masing serta mengemasi barang-barang dan pulang kembali ke hotel .

Meneliti itu seru.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MONteaTEENS Produk Minuman Herbal Remaja karya Joel Jordan Anzamar SMAN 3 Kota Jambi

Meneliti Kekayaan Sumber Daya Alam Hutan Mangrove Pantai Timur Sumatera, di Provinsi Jambi, Joel Jordan Anzamar SIbarani dan Jonathan Enrico Raih Medali Perunggu di Ajang OPSI 2017